by Abu Zubayr

Mengatasi Windows Script Host disabled

Windows Script Host disabled
Bismillah...

Beberapa waktu lalu teman saya mengalami error pada windowsnya dengan memunculkan pesan “Windows Script Host access is disabled on this machine”. Windows yang ia gunakan pada saat itu adalah windows 10 pro yang merupakan keluaran terbaru dari keluarga windows. Menurut ceritanya, error yang terjadi disebabkan oleh exstentions yang ia tambahkan pada browser google chrome. Exstentions tersebut tanpa sepengetahuannya seringkali memunculkan iklan berbau pornografi yang sangat mengganggu, dan akhirnya ia berinisiatif untuk menonaktifkannya. Alhasil setelah exstentions tersebut di-nonaktifkan, windows yang ia gunakan menjadi error dengan tampilan hitam tanpa ada menu sama sekali dan memunculkan pesan seperti yang saya sebutkan diatas. Kemudian tanpa menunggu lama ia pun memberikan laptop tersebut kepada saya untuk diperiksa dan diperbaiki.

Setelah saya lihat error yang terjadi pada laptopnya, maka bisa diketahui error yang terjadi adalah karena “Windows Script Host” dalam keadaan “disabled”. Hal ini terjadi mungkin karena malware yang terdapat pada exstentions yang ia tambahkan sebelumnya. Sehingga, solusi dari permasalahan seperti ini adalah meng-enable-kan kembali “Windows Script Host”, dan berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Masuk ke registry editor
    Untuk masuk ke registry editor pada keadaan normal bisa dengan menekan shortcut “WINDOWS+R” kemudian ketikkan “regedit” dan ENTER atau tekan tombol “OK”. Namun pada kasus ini, laptop teman saya tidak bisa masuk melalui cara tersebut. Akan tetapi masih bisa masuk ke registry editor melalui Task Manager. Adapun langkah-langkah untuk membuka registry editor melalui Task Manager adalah sebagai berikut :
    • Tekan shortcut “CTRL+ALT+DEL” secara bersamaan, sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
      Windows Security Dialogs

    • Selanjutnya pilih Task Manager, dan akan terlihat tampilan Task Manager seperti berikut :
      Task Manager

    • Pilih menu File, dan pilih menu item Run new task.
      Run New Task

    • Dan ketikkan "regedit" pada isian Open, kemudian ENTER atau tekan tombol "OK".
      Run Application

  2. Setelah masuk ke registry editor, arahkan ke directory HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings.
    Registry Editor

  3. Pada Key Dword “ENABLED” ubah value data yang awalnya 0 menjadi 1 kemudian tekan tombol “OK” dan tutup registry editor.
    Dword enabled windows script host

  4. Buka command prompt
    Run cmd

  5. Kemudian ketikkan “SLMGR/XPR” dan ENTER.
    cmd

  6. Dan terakhir restart laptop.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, akhirnya laptop teman saya kembali normal. Dan selanjutnya hanya perlu menscan virus dan malware dengan anti virus-anti virus yang bagus, agar hal serupa tidak kembali terjadi.

Demikianlah tips and trik Mengatasi Windows Script Host disabled. Semoga ada manfaatnya bagi saya dan anda. Nantikan tips and trik lainnya, dan terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

Wassalam...
loading...
Share:

0 Comments:

Post a Comment

DigitalOcean Referral Badge
www.domainesia.com
Powered by Blogger.